Jumat, 20 Maret 2020

Penelitian Sosial


Materi Sosiologi kelas X Semester 2 untuk Kompetensi Dasar 3.4 mengenai penelitian sosial. Materi ini materi yang memiliki daya serap rendah pada waktu ujian nasional sehingga membutuhkan semangat untuk belajar. Materi ini juga sangat dibutuhkan dalam materi selanjutnya di kelas XI dan XII sehingga akan membantu dalam menyelesaikan materi sosiologi di SMA.

simak dan baca berita dibawah ini:

Bacaan kasus tentang Metodelogi Penelitian


Setelah kalian membaca kasus diatas maka perlu kita mempelajari tentang cara membuat penelitian yang dapat dipercayai oleh semua orang.
Banyak pertanyaan diantaranya kalian yang masih menginjak siswa kelas X, mungkin diantaranya

  • Apa penelitian sosial itu?
  • Mengapa melakukan penelitian sosial?
  • Apa manfaat mempelajari materi  ini?
  • Bagimana Penelitian sosial itu?
  • Dimana kita bisa membuat penelitian sosial?
  • Siapa yang dapat membuat penelitian sosial itu?
Simak video dibawah ini


Manusia adalah makhluk yang mempunyai kesadaran. Kesadaran manu­sia itu dapat disimpulkan dari kemampuannya untuk berpikir, berkehendak dan berperasaan. Dengan pikiran untuk mendapatkan ilmu pengetahuan; kehendak untuk mengarahkan perilaku; dan dengan perasaan untuk merasakan kese­nangan atau kesedihan. Sarana untuk memelihara dan meningkatkan ilmu pengetahuan dina­makan logika; perilaku dengan etika; dan mutu kesenian dengan estetika.

Pengetahuan adalah kesan yang ada di dalam pikiran manusia seba­gai hasil darI penggunaan inderanya. Berbeda dengan kepercayaan dan tahayul yang sulit dibuktikan kebenarannya sehingga menimbul­kan ketidakpastian, pengetahuan justru bertujuan untuk mendapat­kan kepastian. Tidak semua buah pikiran (ide) dapat disebut pengetahuan, karena ada kalanya merupakan angan-angan semata-mata yang tidak pernah terwujud secara nyata. Tidak semua pengetahuan merupakan suatu ilmu. Secara ringkas ilmu atau ilmu pengetahuan itu:  
- merupakan pengetahuan
- yang tersusun secara sistematis
- dengan penggunaan kekuatan pemikiran
- yang selalu dapat diperiksa dan ditelaah dengan kritis.

Ilmu pengetahuan bertujuan agar manusia lebih mengetahui dan mendalami segala segi kehidupan sehingga manusia dapat meramalkan apa yang akan terjadi kelak.

Pada hakekatnya ilmu pengetahuan timbul karena adanya hasrat ingin tahu manusia terhadap aspek-aspek kehidupan yang masih gelap, dan manusia ingin mengetahui kebenaran dari kegelapan tersebut. Usaha-usaha untuk mencari kebenaran tersebut antara lain:

1. Pendekatan non-ilmiah

i)     Penemuan secara kebetulan.
Penemuan yang tidak terencanakan dan diperhitungkan dahulu.
ii)   Penemuan common sense (akal sehat)
Akal sehat merupakan serangkaian konsep atau bagan konsep yang memuaskan untuk digunakan secara praktis.
iii) Penemuan secara wahyu
Kebenaran yang diterima sebagai wahyu dari Tuhan.
iv) Penemuan secara intuitif
Kebenaran yang diperoleh melalui proses yang tidak disadari
v)   Trial and error
Penemuan melalui cara percobaan-percobaan dan kesalahan-kesalahan.
vi) Penemuan karena kewibawaan
Berdasarkan penghormatan terhadap pendapat atau penemuan yang dihasilkan oleh seseorang atau lembaga tertentu yang dianggap mempunyai kewibawaan atau wewenang.
vii)    Usaha spekulatif
Memilih salah satu dari berbagai kemungkinan tetapi tidak berdasarkan keyakinan bahwa pilihan tersebut merupakan cara yang paling tepat.

2. Pendekatan ilmiah:

Menurut sejarahnya ada dua pola pikir:
a.    Berpikir secara rasional, yaitu kebenaran dapat dicapai dengan berpikir rasional tanpa mela­lui pengalaman nyata.
b.    Berpikir secara empirisme, yaitu kebenaran dapat diperoleh melalui pengalaman.


Pendekatan ilmiah menggabungkan metoda rasionalisme dan empirisme rasionalisme memberikan kerangka pemikiran yang logis dan empirisme memberikan kerangka untuk memastikan suatu kebenaran. Kebenaran ilmiah didapat dengan pendekatan ilmiah diperoleh melalui penelitian ilmiah, yang berusaha mempelajari suatu gejala dengan jalan analisis dan pemeriksaan yang mendalam terha­dap fakta atau masalah yang disoroti, untuk kemudian mengusahakan pemecahannya.

Penelitian atau riset (research) menurut bahasa adalah "mencari kembali".
Definisi penelitian adalah :
1.    Suatu usaha untuk mengumpulkan, mencari dan menganalisis fakta
mengenai suatu masalah.
2.    Usaha untuk menemukan, mengembangkan dan menguji kebenaran
suatu pengetahuan yang dilakukan dengan menggunakan metode
ilmiah.
Penelitian dapat disimpulkan sebagai usaha umtuk memperoleh fakta 
atau prinsip (menemukan, mengembangkan, menguji kebenaran) dengan 
cara mengumpulkan dan menganalisis data dilaksanakan dengan
teliti, jelas, sistematik  dan dapat dipertanggungjawabkan.

Sehingga penelitian mempunyai ciri:
1.    Bersifat ilmiah
Melalui prosedur yang sistematik dengan menggunakan pembuk­tian yang meyakinkan berupa fakta yang diperoleh secara obyektif.
2.    Merupakan suatu proses yang berjalan terus menerus
Sebab hasil suatu penelitian selalu dapat disempurnakan lagi.

Persyaratan Penelitian:
1. Berencana, ada unsur kesengajaan.
2. Sistematis, menurut pola tertentu.
3. Mengikuti konsep ilmiah, sesuai prinsip untuk memperoleh ilmu pengetahuan.

Sehingga sifat penelitian ilmiah harus: cermat, tepat, dicatat, sistematis, objektif, oleh yang terlatih, dalam kondisi terkendali.

Keberhasilan kegiatan penelitian tergantung pada cara berpikir dan sikap peneliti.
Cara berpikir peneliti:
a)   Skeptis, selalu menanyakan bukti/fakta yang mendukung pernya­taan.
b)  Analisis, selalu menganalisis setiap pernyataan atau persoalan
c)   Kritis, berdasarkan logika, menimbang berbagai hal secara obyektif berdasarkan data dengan akal sehat.

Sikap peneliti:
1. Kompeten, berkemampuan menggunakan metode penelitian tertentu
2. Obyek/tif, dapat memisahkan pendapat pribadi dan kenyataan
3. Jujur, tidak memasukkan keinginan sendiri ke dalam data
4. Faktual, bekerja menggunakan fakta
5. Terbuka, bersedia memberikan dan menerima pendapat tentang hasil penelitiannya. 

Pengelompokan Penelitian:

Berdasarkan Tujuan :
1. Penelitian eksploratif, bertujuan menemukan suatu pengetahuan
2. Penelitian verifikatif, untuk menguji kebenaran suatu pendapat
3. Penelitian developmental, bertujuan mengembangkan suuatu teori

Berdasarkan cara/taraf/tingkatan pembahasan:
i)     Penelitian deskriptif, hanya memaparkan (menyingkapkan) suatu objek sebagaimana adanya.
ii)   Penelitian inferensial, sampai mengambil kesimpulan berdasar data yang diperoleh (memberikan penilaian secara menyeluruh, luas dan mendalam dari sudut pandang  ilmu yang relevan)

Berdasarkan Pendekatan thd data (metode):
1.    Penelitian kuantitatif, mengutamakan data yang dapat diukur (data berupa bilangan/angka)
2.    Penelitian kualitatif, mengutamakan kualitas data untuk mencari makna dari fenomena yang ada (data tidak berupa angka). 

Berdasarkan Pendekatan waktu:
1.    Penelitian longitudinal, penelitian secara berkesinambungan untuk melihat perkembangan objek.
2.    Penelitian cross-sectional, penelitian secara silang (subyek berbeda tetapi masalahnya sama).

Berdasarkan Tempat:
1.    Penelitian laboratorium
2.    Penelitian perpustakaan
3.    Penelitian lapangan

Berdasarkan Pemakaian:
1.    Penelitian murni, untuk mengembangkan ilmu pengetahuan
2.    Penelitian terapan, hasilnya untuk kebijaksanaan tertentu.

Berdasarkan bidangnya:
1.    Penelitian ilmu eksak/alam
2.    Penelitian ilmu non-eksak/sosial

Langkah pokok penelitian:
1.    Menyusun Rancangan Penelitian
2.    Mengumpulkan data
3.    Mengolah atau menganalisis data
4.    Melaporkan hasil penelitian

MENYUSUN RANCANGAN PENELITIAN SOSIAL

Rancangan penelitian atau proposal penelitian adalah suatu renca­na kegiatan penelitian yang disusun secara sistematis dan menye­luruh mengenai kegiatan penelitian yang akan dilakukan.

Suatu rancangan penelitian umumnya berisi hal-hal sbb:



PROPOSAL PENELITIAN SOSIAL

1. Topik dan Judul Penelitian:
   a. Topik
   b. Judul
2. Permasalahan:
   a. Latar Belakang Masalah
   b. Perumusan Masalah
3. Tujuan Penelitian
4. Manfaat Penelitian
5. Hipotesis (jika ada)
6. Metodologi Penelitian:
   a. Populasi penelitian
   b. Sampel penelitian
   c. Teknik pengumpulan data
   d. Teknik analisis data
7. Waktu, Organisasi dan Biaya Penelitian
   (Jika dipandang perlu)
8. Daftar Pustaka
9. Lampiran



A. Menentukan Topik dan Judul
Topik adalah pokok penelitian yang merupakan ruang lingkup kajian penelitian yang dapat membedakan dengan ruang lingkup yang laiannya (meskipun dalam satu bidang ilmu).
       Contoh: urbanisasi
               kemiskinan dll.

Judul  merupakan bagian tertentu dari topik atau merupakan  salah 
satu  sudut pandang trtentu dari topik atau bisa juga  pembahasan 
yang menyeluruh terhadap topik.
   Judul:
- intisari dari berbagai masalah penelitian
          - harus menggambarkan topik penelitian
          - singkat mencerminkan isi
          - dirumuskan dengan kalimat tunggal (bukan majemuk)
    Contoh:
          - Faktor-faktor yang mendorong urbanisasi di daerah A.
          - Pengaruh urbanisasi terhadap daerah asal.
* Dianjurkan judul ditentukan setelah perumusan masalah.
           
Yang perlu diperhatikan:
   1. Manfaat
   2. Punya wawasan memadai
   3. Sumber dan bahan tersedia
   4. Menarik untuk diteliti
   5. Singkat, jelas dan tidak ambiguitas (bermakna ganda)

Setelah melakukan penelitian langkah selanjutnya dalah membuat laporan penelitian, perhatikan bagan dibawah ini:



Setelah kalian simak video dan materi tersebut maka kerjakan kuis dibawah ini ya



-


50 komentar:

  1. Materinya sudah cukup lengkap dan ringkas bu tapi kayaknya ada yang belum dicantumkan jadi saat quis cari jawabannya harus dari buku hehee. Asyik bu belajar dengan metode ini, jadi dapet materi dulu lalu quis. Tapi kalau bisa materinya lebih ringkas ya bu wkwk

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ini laely andriani (17) kelas X IPS 2 ya bu hehee

      Hapus
  2. bagus, materinya mudah dipahami..😀👍

    BalasHapus
  3. Menurut saya bacaan tersebut merupakan pemaparan hasil dari suatu penlitian sosial yang bersifat verifikatif, yaitu penelitian yang bertujuan untuk menguji kebenaran suatu pendapat tentang hasil suara pilpres. Namun, menurut saya objek penelitian tersebut kurang menyeluruh atau kurang luas, sehingga mungkin saja di suatu daerah di mana dilakukan survei tentang suara pilpres, daerah tersebut merupakan daerah orang-orang yang mendukung salah satu capres. Kunci dari survei yang merupakan salah satu bagian dari penelitian adalah tentang responden. Maaf kalau kurang tepat Bu. Fanny Hanynda/12/X IPS 2

    BalasHapus
  4. Kita semua tahu bahwa penelitian sosial Dapat digunakan untuk menemukan kemungkinan terbaik dalam memecahkan permasalahan sosial. Digunakan untuk menganalisis gejala sosial dalam lingkungan masyarakat. Memberikan gambaran penyebab dan akibat-akibat dan suatu kebijakan, perubahan sosial, dan kondisi tertentu. Dewasa ini penelitian sosial bisa menjadi alat yang efektif untuk memecahkan masalah sosial yang kian hari makin kompleks , peran dari masing masing individu untuk memecahkan masalahnya sendiri dapat menggunakan penelitian sosial , penelitian sosial membuat kita menjadi lebih peka terhadap hal hal yang terjadi disekitar kit ,kita bisa menjadi berpikir kritis dan mendalam
    Gatan Priantama/14/X IPS 2

    BalasHapus
    Balasan
    1. berfikir kritis itu menjadi modal untuk membuat penenelitian social ya

      Hapus
  5. Ihiii, materinya bagus mudah dipahamai dan jadi lebih seru karena ada kuisnya:), membuat kita menjadi berpikir kritis dan jadi tau cara menyelesaikan masalah disekitar kita hehee:))

    BalasHapus
  6. untuk materinya sungguh membantu dalam belajar tentang sosiologi, terimakasih

    BalasHapus
  7. Ihiii, materinya bagus mudah dipahamai dan jadi lebih seru karena ada kuisnya:), membuat kita menjadi berpikir kritis dan jadi tau cara menyelesaikan masalah disekitar kita hehee:))

    Wahyu Jumi Saputri / 35 / X IPS 2

    BalasHapus
  8. Bacaan tersebut menjelaskan tentang lembaga-lembaga survei yang mengeluarkan prediksi peilihan presiden 2019. Sebagian lembaga survei tersebut melakukan rekayasa metodologi yang menyebabkan hasil surveinya betolak belakang atau salah. Sebagian lembaga survei tersebut melayani klien (calon pasangan presiden) sehingga hasil surveinya memihak pada salah satu calon pasangan presiden tersebut. Menurut saya, lembaga survei ini tidak boleh main-main dalam mengeluarkan hasil surveinya karena presepsi masyarakat itu penting. Kita sebagai masyarakat harus menyelidiki kreadibilitas lembaga survei sebelum mempercayai hasil surveinya. Caranya dengan mengecek metodologi yang digunakan dan rekam jejak digital lembaga survei tersebut. Sebaiknya, walau lembaga survei dapat menguntungkan politikus dalam pemilihan umum, pemerintah harus membuat kebijakan sendiri dalam mengatasi lembaga survei abal-abal.
    Shafira Puspa Annisa/X IPS 2/34

    BalasHapus
  9. Menurut saya, bacaan diatas menjelaskan bermacam-macam jenis penelitian. Apa saja yang harus diperhatikan saat melakukan penelitian harus diperhatikan, karena berpengaruh terhadap hasil penelitian.
    Ilham Akmal Adzin/16/X IPS 2.

    BalasHapus
  10. Menurut saya, bacaan diatas menjelaskan bermacam-macam jenis penelitian. Apa saja yang harus diperhatikan saat melakukan penelitian harus diperhatikan, karena berpengaruh terhadap hasil penelitian.
    Ilham Akmal Adzin/16/X IPS 2.

    BalasHapus
  11. Materinya sangat membantu dan mudah dipahami. Sehingga sekarang lebih paham mengemai apa saja langkah-langkah dalam penelitian sosial dan sebagainya. Dwi Ikhsanti Putri/10/X IPS 2

    BalasHapus
  12. Menurut saya bacaan diatas lumayan mudah dipahami karena dalam penulisannya sudah ringkas, dan juga karena terdapat kuiz pembelajarannya lebih menyenangkan dan mudah masuk ke otak, dan juga menjadi mudah memahami karena setelah menjawab kuiz ada jawaban yang benar.
    Berlian Nofiarini/06/X IPS 2

    BalasHapus
  13. Bolg ini sudah cukup bagus.bahkan terdapat video untuk memperjelas materi.blog ini dapat dikembangkan dengan menambah berbagai jenis inovasi yang dapat menarik pembaca.

    Inti materi
    Penelitian sosial digunakan untuk mengetahui suatu masalah yang ada dalam masyarakat.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mahendra Maulana/18/x IPS 2

      Hapus
    2. terima kasih..jangan berhenti mejadi siswa untuk bergerak belajar

      Hapus
  14. Bacaan tersebut menjelaskan tentang lembaga lembaga survei yang hasilnya berbeda beda mengenai pilpres 2019. Menurut saya hal tersebut biasa karena lembaga tersebut milik swasta yang pasti pemiliknya ada yang memihak. Akan tetapi, seharusnya lembaga survei harus bentindak sesuai fakta, tidak boleh mengada ada. Karena hal tersebut akan membuat masyarakat bingung dan ada yang salah paham. Untuk mengatasinya mungkin dapat dilakukan dengan cara lembaga survei dipegang oleh pemerintah agar tidak ada perbedaan dan slaah paham.
    Rossi Armando/31/XIPS2

    BalasHapus
  15. Materi diatas sangat mudah dipahami, jelas dan ringkas tapi sepertinya ada materi yang kurang lengkap /tidak tercantum disini.
    Hesti Wulandari /15/XIPS2

    BalasHapus
    Balasan
    1. ok..besok akan saya posting lagi materi selanjutnya ya

      Hapus
  16. Menurut saya materi yang diberikan ini sangat detail sehingga muda dipahami.
    Materi penelitian digunakan untuk mengetahui suatu permasalahan yang diteliti. Dalam malakukan peneliti kita memahami terlebih dahulu langkah-langkahnya.
    Rusfi Anggraeni/32/X IPS 2

    BalasHapus
  17. Materi nya cukup lengkap,ringkas,dan mudah untuk dipahami
    Aufa Damar/04/X IPS 2

    BalasHapus
  18. Tanggapan saya mengenai materi diatas mudah dipahami dari bahasanya dan formatnya.
    Materi penelitian sosial merupakan materi yang menyenangkan bahkan tidak terlalu sulit di pahami.
    Nadya dyah rahmania/X IPS 2/25

    BalasHapus
  19. Bacaan tersebut menjelaskan tentang lembaga-lembaga survei yang memiliki prediksi yang berbeda-beda mengenai pilpres 2019. Perbedaan hasil survei juga dapat muncul karena ada lembaga survei yang sekaligus menjadi konsultan bagi calon tertentu. Menurut saya, Lembaga survei tidak boleh bersifat memihak pada satu sisi, seharusnya mereka bisa bersikap adil dan bertumpu pada data objektif di lapangan. Selain itu karena persepsi masyarakat di negara demokrasi seperti Indonesia itu penting sehingga lembaga survei tidak boleh main-main.
    Alexandra Keisha Azzahra/X IPS 2/02

    BalasHapus
  20. Kasus tersebut yaitu adanya rekayasa metodologi yang menyebabkan kesalahan hasil survei. Hal ini dikarenakan sebagian lembaga survei memihak dengan salah satu calon. Sehingga mereka akan memenangkan calon tersebut. Maka dari itu, pemerintah harus membuat aturan supaya hasil survei tersebut murni dan lembaga survei tidak boleh memihak dengan salah satu calon. Kita juga sebagai masyarakat harus memastikan apakah sumber yang digunakan oleh lembaga survei tersebut dapat dipertanggung jawabkan. Jangan sampai kita tertipu oleh lembaga survei.
    Risa Nursiyam/X IPS 2/30

    BalasHapus
  21. Bacaan tersebut menjelaskan tentang lembaga survei yang menghitung hasil survei pemilihan presiden pada tahun 2020. Mungkin itu sudah sering terjadi, karena kan banyak lembaga survei abal-abal an yang melanggar aturan. Masyarakat harus lebih memperhatikan hasil survei sebelum mempercayai. Seharusnya hasil survei harus sesuai fakta dan tidak membohongi masyarakat, agar kejadian itu tidak semakin marak makan pemerintah harus lebih bijak dalam menangani masalah ini.
    Dian Catur Febriyanti/08/XIPS2/

    BalasHapus
  22. Mengenai Rekayasa Metodologi di Balik Anomali Survei Pilpres 2019, penelitian sosial termasuk survei seharusnya dilaksanakan secara objektif dan tidak mengedepankan kepentingan suatu pihak. Data data tidak boleh direkayasa hanya untuk kepentingan klien semata. Jika penelitian dilaksanakan dengan metode yang benar, maka hasilnya akan benar dan tidak menyalahi pendapat masyarakat yang sebenarnya.
    Nabila Safira Al Daaba/23/X IPS 2

    BalasHapus
  23. Menurut saya materi diatas saya agak mudah memahami karena ada video nya juga dan intinya yaa penelitian itu untuk mengetahui masalah yang ada di masyarakat itu :) A Ridho Kurniansyah/XIPS2/5

    BalasHapus
  24. Blog ini penting untuk di pelajari, dengan bahasanya yang jelas dan mudah dimengerti, saya bisa memamahami materi yang disampaikan dengan baik. Lalu untuk artikel kasus metodelogi tersebut menurut saya ada baiknya kita lebih berhati hati dalam mempercayai lembaga survey. Kita harus lebih kritis dalam menganalisa informasi, sehingga bisa mengetahui lembaga survey mana yang memiliki kredibelitas baik. Dan seharusnya lembaga survey tersebut mengambil data yang objektif dan tidak memihak kepada satu Calon saja. Untuk mencegah adanya bentrok pendapat dalam masyarakat.
    Rani Eka Apriliana/XIPS2/29

    BalasHapus
    Balasan
    1. betul..semua harus dilogika dalam mengambil kesimpulan

      Hapus
  25. Menurut saya, materi diatas penting untuk dipelajari, dengan adanya Vidio dapat mempermudah, dapat membantu kita dalam mempelajari materi ini, dan dengan kuis yang membuat kita lebih bersemangat mempelajari materi ini
    Galuh Ratih Sekar Meisyarah/XIPS2/13

    BalasHapus
  26. Gatutkaca/XIPS2/21
    Materinya bagus tapi untuk anak zaman sekarang yang malas membaca lebih baik dibawakan sesuai zaman dengan gaya tulisan yang santai dan ringkas

    BalasHapus
  27. Materinya sangat lengkap dan mudah dipahami. Materi disampaikan secara lugas dan jelas sehingga mempermudah siswa untuk menyerap meteri tersebut. Terlebih lagi terdapat quiz yang membuat siswa lebih semangat untuk belajar. Terima kasih bu martini...:)

    Azizah Khoirunnisa/08/X IPS 1

    BalasHapus
  28. Materinya sudah sangat bagus, hanya saja menurut saya ada beberapa point yang saya rasa masih sedikit bertele - tele dan tidak langsung to the point.
    Rizqi Anugrah Yudha Praditya/28/X IPS 1

    BalasHapus
    Balasan
    1. Namun secara keseluruhan sudah sangat bagus, apalagi sudah dilengkapi dengan video pembelajaran sehingga siswa tidak merasa bosan ketika Mempelajari materi tersebut dan dapat mengetahui seberapa pemahamannya terhadap materi tersebut melalui Quiz.
      Terimakasih Bu
      Rizqi Anugrah Yudha Praditya/28/X IPS 1

      Hapus
  29. Materi sudah diberikan dengan baik juga dilengkapi dengan kuis dan video tentang penelitian sosial, membuat semakin menarik. Melalui kuis pula, jadi tau mana bagian yang kurang dan sudah dipahami, sehingga dapat dipelajari lebih lagi. Terima kasih, Bu.
    Caecilia Puspaningtyas/10/X IPS 2

    BalasHapus
  30. Nama: Dionisius Maleaki Pinilih
    No: 13
    kelas: X IPS 2

    Menurut saya materi yang terdapat di blog ini sangat menarik untuk dipelajari. Dengan adanya ringkasan materi tentang penelitian sosial, ditambah dengan video pembelajaran, dan berita (bacaan tentang metodelogi penelitian) membuat ringkasan materi dalam blog ini semakin lengkap. Selain itu, dengan adanya quis yang diberikan membuat para siswa dan siswi dapat mengukur sejauh mana pemahaman mereka tentang materi Sosiologi Kelas X yaitu penelitian sosial. Dalam artikel kasus metodelogi tersebut menurut saya ada baiknya kita lebih berhati hati dalam mempercayai lembaga survei. Lembaga survei, pada prinsipnya adalah media untuk menunjukkan pendapat dan persepsi masyarakat. Kita harus lebih kritis dalam menganalisa informasi, sehingga bisa mengetahui lembaga survei mana yang memiliki kredibelitas baik. Kredibilitas lembaga survei dapat dilihat dari rekam jejak selama melakukan survei. Keberadaan web dari lembaga survei terkait juga dapat menjadi indikator bahwa lembaga survei itu dapat dipercaya publik. Lembaga survei tidak boleh bersifat memihak pada satu sisi, seharusnya mereka bisa bersikap adil dan bertumpu pada data objektif di lapangan. Penelitian sosial termasuk survei seharusnya dilaksanakan secara objektif dan tidak mengedepankan kepentingan suatu pihak. Data data tidak boleh direkayasa hanya untuk kepentingan kelompok semata. Sebaiknya, pemerintah membuat kebijakan sendiri dalam mengatasi lembaga survei yang tidak profesional agar pelaksanaan kehidupan demokrasi di Indonesia dapat berjalan dengan baik. Semoga dengan inovasi E-Learning yang dibuat Bu Martini melalui blog ini membuat seluruh siswa dan siswi semakin semangat dalam belajar dengan memanfaatkan kemajuan teknologi.
    Terima kasih Bu.

    BalasHapus
  31. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  32. Nama : Bening Christalica D.N
    Kelas : X IPS 2
    No. Presensi : 08

    Menurut saya, materi yang diberikan sudah sangat bagus dan menarik, apalagi ditunjang dengan video pembelajaran, kuis, dan dan artikel contoh kasus. Melalui kuis, siswa menjadi tahu bagian mana yang belum mereka pahami sehingga mereka dapat mempelajari kembali materi tersebut, khususnya penelitian sosial. Artikel contoh kasus juga sangat membantu karena para siswa bisa mengetahui contoh-contoh kasus yang ada, dimana nantinya mereka bisa memberi solusi yang tepat. Blog Bu Martini ini sangat membantu banyak orang, terutama bagi para siswa dalam memahami pelajaran sosiologi, apalagi dengan menggunakan teknologi seperti ini maka mereka tidak akan menjadi bosan dalam mempelajari materi yang ada. Terima kasih Bu

    BalasHapus
  33. Melati Srigita Putri (23) X IPS2

    Materi yang diberikan ringkas sehingga pembaca tidak merasa malas ketika membacanya, selain itu juga terdapat video yang dapat memperjelas pemahaman kita. Mantap Bu, terima kasih.

    BalasHapus
  34. Nama : Nasywa Azizah Ramadhanti
    Kelas : X IPS 1
    No : 23

    Menurut saya, materi yang diberikan pada blog ini sudah bagus dan ringkas, selain itu juga disertai adanya video pembelajaran sebagai bahan ajar yang efektif agar lebih mudah memahami materinya. Quiz yang diberikan juga dapat membantu siswa dalam mendalami pengetahuannya terkait materi penelitian sosial. Terima kasih, Bu.

    BalasHapus
  35. Nama: Dini Atika Hasya
    Kelas: X IPS 1
    No. Presensi: 06

    Menurut saya, materi yang diberikan bu martini mudah dimengerti karena materi disajikan dengan singkat, kata-kata yang digunakan pun mudah dipahami. Setelah membaca materi dan menonton videonya saya menjadi lumayan paham tenang materi ini ditambah lagi setelah membaca dan menonton video diberikan soal untuk latihan. Terima kasih bu

    BalasHapus
  36. menurut saya, materi yang diberikan bagus dan menarik karena dilengkapi dengan video dan mudah dimengerti serta dilengkapi dengan kuis juga, terimakasih bu..
    Vina Lia Putri Ristanto/XS2/35

    BalasHapus
  37. Materi disajikan dengan sangat menarik kemudian dilengkapi dengan video dan kuis sehingga dapat meningkatkan pemahaman.

    Sarah Suci Khairani / X IPS 2

    BalasHapus

Pembatik 2024

Vlog Utama Sahabat Pembatik DIY 2024

INOVASI PEMBELAJARAN DIGITAL "GENDIS LADY" SEBAGAI WUJUD IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA Dalam rangka memenuhi tugas pembatik level...